Sabtu, 02 September 2017

Pelaksanaan Qurban Masjid Nurul Amal 1438 H


Podoharjo Update – Hari ini Sabtu (2/9) Panitia Qurban Masjid Nurul Amal melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Sejak pukul 07.00 wib sekira 82 orang anggota panitia sudah berkumpul di halaman Masjid, ditambah dengan 10 orang dari tim jagal asal Gading Rejo yang sengaja didatangkan untuk membantu meringankan pekerjaan panitia.


Total jumlah hewan qurban yang telah dihimpun oleh panitia adalah 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang berasal dari lebih dari 80 orang pequrban. Pagi itu sapi-sapi dan kambing-kambing sudah “nampang” disekitar lokasi penyembelihan dan menjadi tontonan anak-anak dan warga sekitar (kayak artis aja ditonton...-red).


Lokasi penyembelihan terletak sekitar 20 meter dari Masjid Nurul Amal, tepatnya di halaman rumah kost “Humaira” milik salah satu warga setempat, persis di depan kediaman Kepala Lingkungan III Kelurahan Segalamider.


Panitia seksi penyembelihan dikomandoi oleh Bapak Drs. Hi. Herman Husen sebagai koordinator dengan anggota sekitar 43 orang dibagi menjadi beberapa kelompok, bertugas menguliti dan memotong bagian-bagian tubuh hewan qurban. Sementara tim jagal bertugas dalam prosesi penyembelihan. Bapak Drs. Hi. Herman Husen didampingi oleh Bapak Mursidin. HF, secara bergantian mengambil tugas sebagai penyembelih hewan qurban.


Menjelang siang separuh potongan daging sudah dipacking. Tepat waktu sholat Dzuhur panitia beristirahat sholat dan makan siang, beberapa saat pekerjaan dimulai lagi dan sekitar pukul 14.00 wib bingkisan qurban sudah siap dibagikan kepada warga.


Disela-sela pembagian bingkisan qurban, kami berbincang–bincang dengan Ketua Panitia Qurban yaitu Bapak Hi. Istarchi Nawawi, SH. Beliau menyatakan terima kasih banyak kepada warga pequrban karena hewan qurban yang terkumpul cukup banyak sehingga mencukupi untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya dan memastikan bahwa semua keluarga di wilayah sekitar Masjid Nurul Amal mendapat bingkisan qurban. Tak lupa beliau juga menyampaikan terima kasihnya kepada segenap unsur Panitia Qurban, Pengurus Masjid Nurul Amal, Pamong setempat dan warga sekitar yang selama prosesi pekerjaan turut menyumbang konsumsi.


Setelah semua pekerjaan selesai, Ketua Pengurus Masjid Nurul Amal Bapak Drs. Hi. Kautsar Mursalin mengatakan bahwa qurban tahun ini cukup baik, dari proses pendataan warga, pembagian kupon, penyiapan bingkisan qurban sampai proses pembagian semua lancar. “Alhamdulillah” tutupnya. (sd)
Foto by : Yuli, Andi & Yougo

Lihat Gallery Foto Pelaksanaan Qurban
for android

8 komentar: