Selasa, 22 Agustus 2017

Tujuh belasan lagi, RT.01 LK.03 Kelurahan Segalamider

Salah satu tumpeng hasil karya peserta lomba


Lomba Nasi Tumpeng


Acara lomba nasi tumpeng ini diadakan oleh panitia pelaksana peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017 di wilayah RT.01 Lingkungan 03 Kelurahan Segalamider yang berlangsung cukup meriah. Lomba ini dilaksanakan pada hari Sabtu (19/08) dengan sistim beregu, diikuti oleh regu-regu yang mewakili gang masing-masing yang ada di wilayah setempat, diantaranya; regu Gang Masjid Utama, regu Gang Masjid 1, regu Gang Masjid 2, regu Gang Masjid 3 dan regu Gang Masjid 4.

Sejak pagi para ibu sudah sibuk melakukan aktifitas memasak,“rempong dah pokoknya”. Mereka saling berbagi tugas, ada yang membuat bumbu, menanak nasi, dan menyiapkan hiasan tumpeng. Suami dan anak-anak pun sedikit diabaikan demi nasi tumpeng andalannya bisa menjadi yang tersedap. Seorang bapak yang tidak mau disebut namanya mengatakan “pagi-pagi perut udah laper, tapi gak ada sarapan, rupanya istri saya lagi rewangan masak nasi tumpeng, tapi ya gak papa sekali-kali demi acara tujuhbelasan, pulang rewang kita juga kebagian nasinya..hehe”.
Pada siang harinya pukul 02.00 wib, nasi tumpeng hasil rakitan ibu-ibu itu dibawa ke tempat dewan juri untuk dinilai. Berbagai macam hiasan tumpeng mereka tampilkan, tapi anehnya bentuknya kerucut semua… :D:D:D.

Penilaian dan makan siang bersama


Dewan juri antusias mencicipi dan menilai tumpeng-tumpeng tersebut, selain bentuknya yang memang menarik juga karena mereka sengaja tidak makan siang supaya kelezatan objek lomba dapat lebih terasa. Setelah penilaian selesai, dilanjut dengan menyantap bersama tumpeng – tumpeng tersebut. Tidak hanya peserta dan dewan juri saja yang bisa menikmati makan nasi tumpeng tapi juga warga sekitar yang turut hadir. “Jangan rebutan, semua kebagian!” celetuk salah seorang peserta sambil tertawa-tawa.

Hasil lomba


Pengumuman pemenang lomba nasi tumpeng ini dilakukan bersamaan dengan acara pembagian hadiah lomba-lomba lainnya dan pengundian doorprise jalan sehat (Minggu 20/08). Dan yang berhak meraih gelar juara pertama adalah Regu Gang Masjid 1, disusul Gang Masjid Utama sebagai juara kedua. Tidak ada juara tiga disini, tapi tiga regu lainnya yang gagal meraih predikat juara tetap mendapat hadiah hiburan.

Juara pertama lomba nasi tumpeng, ibu-ibu Gang Masjid 1 sedang berpose bersama tumpeng karyanya

Beragam komentar terlontar dari mulut para peserta setelah pengumuman lomba, ya maklum saja, ibu-ibu… hehe.

4 komentar: